BENARKAN XANTHELASMA ADALAH PENYAKIT SERIUS YANG SULIT DISEMBUHKAN? 

Dikutipdari alodokter.com, xanthelasma adalah plak kekuning-kuningan yang muncul akibat gumpalan lemak. Plak ini biasanya muncul di area kelopak mata. Umumnya berada di sudut dalam yang dekat dengan hidung, Umumnya gumpalan tersebut berbentuk simetris dan sejajar antara satu mata dengan mata lainnya.

Xanthelasma sendiri merupakan gangguan kesehatan yang muncul pada kebanyakan wanita. Biasanya penderita dari gangguan kesehatan ini adalah wanita usia 30 tahun ke atas.

Xanthelasma sendiri merupakan gangguan kesehatan yang tidak berdiri sendiri. Maksudnya, penyakit ini muncul akibat dari penyakit lain. Bisa dibilang sebagai gejala salah satu penyakit. Lebih tepatnya, jadi gejala atau komplikasi dari penderita kolesterol tinggi.

Namun demikian, ini tidak bisa dijadikan rujukan utama. Pasalnya, ada penderita xanthelasma dengan kondisi kolesterol yang normal.

Nah, yang jadi pertanyaan kemudian adalah, apakah xanthelasma adalah penyakit yang serius dan sulit disembuhkan? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya Anda simak beberapa pembahasan sebagai berikut.

XANTHELASMA ADALAH GANGGUAN KESEHATAN YANG TIMBUL AKIBAT PENYAKIT ATAU PERILAKU BURUK 

Sebagaimana umumnya penyakit, xanthelasma juga memiliki penyebab yang bisa Anda kenali. Dari sekian banyak penyebab, sebagian besarnya adalah masalah kesehatan. Atau dengan kata lain, xanthelasma adalah tindakan lanjut atau dampak dari gangguan kesehatan tersebut.

Selain itu, ada pula penyebab xanthelasma yang ditimbulkan akibat perilaku beresiko. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasannya.

  1. Memiliki pola makan yang didominasi lemak

Sudah barang tentu bahwa mengonsumsi makanan berlemak beresiko tinggi mengidap suatu penyakit tertentu. Termasuk juga dengan xanthelasma yang timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi. Namun demikian, penyebab ini bukanlah yang satu-satunya. Masih ada faktor lain yang juga harus Anda cermati.

  1. Minum alkohol berlebih

Selain mengonsumsi makanan berlemak, mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga memiliki resiko mengidap xanthelasma.

  1. Mengonsumsi obat peningkat kolesterol

Saat Anda mengonsumsi obat ini, Anda berpeluang mendapatkan masalah yang serius. Dan pada kondisi terburuk, Anda bisa mengalami xanthelasma akibat mengonsumsi obat-obatan ini.

  1. Menderita diabetes

Selain diakibatkan oleh kolesterol tinggi, penyakit xanthelasma juga umumnya dipicu oleh kadar gula pada tubuh yang tinggi.

BENARKAH XANTHELASMA ADALAH PENYAKIT YANG SULIT DIOBATI? 

Pada dasarnya setiap penyakit bisa diobati dengan pendekatan dan metode tertentu. Khusus untuk xanthelasma, Anda bisa melakukan pengobatan dengan pendekatan-pendekatan yang akan kita bahas berikut ini.

 

  • Krioterapi 

 

Dikutip dari hellosehat.com, terapi ini adalah dengan memberikan nitrogen cair pada area xanthelasma. Pemberian nitrogen cair ini berguna untuk membekukan xanthelasma. Dengan kondisi xanthelasma yang membeku, harapannya xanthelasma akan mudah diangkat melalui metode pembedahan.

 

  • Pengangkatan/operasi 

 

Setelah diberi nitrogen cair, tahapan selanjutnya yang dilakukan adalah dengan melakukan pembedahan. Proses ini dilakukan bila kondisi sudah memburuk dan mengganggupasien.

Pembedahan di sini dilakukan oleh profesional. Pembedahan baru akan dilakukan manakala dokter memiliki pertimbangan sebagai yang disampaikan di atas.

 

  • Larutan kimia 

 

Selain menggunakan nitrogen cair, pasien juga bisa menghilangkan xanthelasma dengan menggunakan larutan kimia. Larutan ini digunakan sebagai alternatif. Cara ini sendiri tidak banyak digunakan karena resiko dan dampak yang akan timbul dikemudian hari.

Secara umum xanthelasma adalah gangguan kesehatan biasa yang bisa ditangani dan diatasi dengan cara-cara pembedahan atau alternatif. Xanthelasma Bukanlah masalah serius manakala penanganan xanthelasma dilakukan dengan profesional, cepat, dan tepat. Namun hal berkebalikan akan terjadi manakala Anda terlambat memberikan penanganan untuk gangguan kesehatan ini. 

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*